Banner Iskaruji dot com

Wednesday, June 5, 2013

SEJARAH DIBALIK SINAR- X

Sejarah ditemukan SINAR-X


Sinar-X ditemukan secara tidak sengaja oleh Wilhelm Roentgen pada tahun 1895, ketika dia melihat pijar pada selembar kertas flouresensi yang disebabkan oleh radiasi misterius yang datang dari tabung sinar katode. Karena radiasi yang masih misterius ini, Roentgen menyebutnya sebagai sinar-X.

Tegangan listrik beberapa kilovolt digunakan untuk melepaskan elektron dari katoda. Elektron terlepas dari katode dan bergerak ke arah anode. Pada anode dipasang sebuah logam target. Ketika elektron-elektron menumbuk target, elektron-elektron tersebut berinteraksi dengan elektron-elektron dalam atom target sehingga geraknya diperlambat. Hal ini menyebabkan elektron kehilangan energi dalam bentuk radiasi sinar-X yang memiliki frekuensi tinggi.

Beberapa sifat sinar-X antara lain adalah sebagai berikut, yaitu:

1. Merambat menurut garis lurus

2. Tidak terlihat oleh mata

3. Dapat menembus benda-benda tertentu, misalnya kayu sampai beberapa cm

4. Tidak dibelokkan oleh medan magnet dan medan listrik

5. Menghitamkan film

6. Dapat melepaskan elektron-elektron dari logam yang ditumbuk

Manfaat Sinar-X

Sinar-X banyak dimanfaatkan dalam bidang kedokteran, bidang industri, kriminologi (deteksi), dan penelitian. Dalam bidang kedokteran, sinar-X digunakan untuk melihat bagian dalam tubuh seseorang, khususnya untuk melihat kondisi tulang-tulang dalam tubuh. Sinar-X mampu menembus tubuh manusia, tetapi tidak dapat menembus tulang yang keras. Akibatnya, jika di belakang tubuh manusia yang dikenai sinar-X dipasang pelat film, akan tampak bayangan dari tulang dalm tubuh. Jika terjadi suatu keretakan, dari pelat film yang dihasilkan dapat dengan jelas diketahui bagian mana dari tulang tersebut yang retak. Metode deteksi cacat tulang ini disebut radiografi.

Selain digunakan untuk mendeteksi bagian tubuh yang cedera, sinar-X juga digunakan untuk penyembuhan. Sinar-X yang memiliki frekuensi tinggi berarti memiliki energi yang tinggi, sehingga bisa menghancurkan berbagai benda, misalnya tumor dan kanker dalam tubuh manusia. Metode penyembuhan ini disebut radioterapi.

Dalam bidang industri, sinar-X digunakan untuk mendeteksi  isi koper penumpang pesawat terbang, dan menguji keaslian dokumen dan lukisan. Dalam bidang penelitian, sinar-X digunakan untuk mempelajari struktur kristal zat.

Selain bermanfaat, sinar-X juga bisa berbahaya. Jika intensitas sinar-X yang diterima oleh tubuh kita melebihi batas normal yang diijinkan, sinar-X dapat merusak sel-sel tubuh yang sehat, sehingga justru bisa mengganggu fungsi sel yang sehat. Sinar-X dalam dosis yang berlebihan justru dapat menyebabkan terjadinya kanker.

http://ilmufajar.com/index.php/sejarah-ditemukan-sinar-x/

0 komentar:

Post a Comment

Pages

Follow me on Twitter

Follow me on Twitter
@DIR__

add me on Facebook

add me on Facebook
Muhammad Chaidir Pagessa

ATRO MUHAMMADIYAH MAKASSAR

Terpopuler

muhammadchaidiir.blogspot.com

Pages

Chaidir's Blog. Powered by Blogger.

Kamus

Followers

About Me

My photo
Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Search Me

Popular Posts